AMANAH ALSTE 2006: KATALOG dan REUNI: PENTING Mohon dibaca dan didiskusikan


Berikut note dari Buna Rizal yang saya copas:

Assalamualaikum wr. Wb.

Yth,rekan2-rekan alumni sma 3 Semarang (ALSTE) 2006 yang kami banggakan dan sedang dalam proses menaiki tangga kesuksesan masing-masing,

Mohon Maaf lahir dan batin.Minal aizdin wal fa izin. Selamat Idul Fitri 1431H. Selama masih dalam suasana lebaran tiada salahnya kami memohon maaf lagi kepada rekan-rekan semua. Semoga dengan saling memaafkan maka hubungan semangat kekeluargaan, kekompakan,saling percaya di antara angkatan menjadi semakin kokoh. Insya allah dengan modal semangat tersebut kita bisa saling membantu kelak dalam meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

Kami mewakili panitia Katalog SMA 3 angkatan kita (yang tiada akhirnya) sekaligus mantan mitratama smaga, ingin mendiskusikan DUA isu penting yang tentunya akan menguji kekompakan kita setelah 4 tahun lulus dari bangku SMA. Kami berharap notes ini dapat menjembatani ide dari rekan-rekan semua dan pada akhirnya mencapai sebuah konsensus, musyawarah mufakat alste 2006.

1. Katalog SMA 3 Semarang

Sudah sewajarnya menjadi hak rekan-rekan untuk menerima katalog SMA 3 2006 sejak Agustus 2006. Beberapa alasan mengapa katalog tersebut tiada berwujud sampai sekarang adalah karena manajemen panitia yang salah. Kami akui hal tersebut dan teman-teman berhak marah, emosi, maupun mencibir panitia selama 4 tahun terakhir. Kami sadar akan konsekuensi itu sebagai panitia. Meskipun panitia gagal menjanjikan katalog 4 tahun lalu, ada suau hal yang kami dapat janjikan. Yaitu niat panitia yang amanah, tulus, dan tidak pernah ada usaha untuk berkonspirasi dan memanfaatkan uang teman-teman untuk keperluan pribadi, atau ‘korupsi’ bahasa pejabatnya. Dana total dari rekan-rekan (yang sudah membayar) sejumlah 51.051.000 sudah diberikan sepenuhnya kepada pihak CV.Open mind selaku desainer dan percetakan sejak Juli 2006. Bukti transaksi bisa teman2 download di mailing list angkatan kita

http://groups.yahoo.com/group/smaga_0304/files/

Kemudian pada akhir tahun 2007 panitia tetap berusaha untuk menghasilkan katalog tersebut untuk kepentingan networking. Maka kami berinisiatif untuk membuat MOU baru dengan deadline Januari 2008. Meskipun desain 60% sudah dibuat, pada akhirnya 1 lembar katalogpun gagal tercetak. Surat perjanjian yang baru dan desain sementara yang sudah jadi juga bisa di download pada link di atas. Kami juga akan segera upload file dan desain sementara pada grup SMA 3 ini (terima kasih pada Dhimas Erryska a.k.a Doyok yang sudah membuat grup ini).

Bulan demi bulan berlalu, katalog pun tetap menjadi sebuah omongan saja. Baru akhir-akhir ini pada pertengahan 2010 CV.Open Mind menyatakan MENYERAH dalam melanjutkan proyek kita, meskipun sudah memegang 51 juta dalam 4 tahun. Oknum ini juga mengatakan belum mampu mengembalikan uang kita, atau dengan kata lain telah memakan 51 juta kita. Tentu ini membunuh harapan panitia untuk menebus hutang katalog kami. Jelas-jelas usaha PENIPUAN! Kami mengakui kurang tegas dalam berurusan dengan percetakan laknat itu, semestinya tindakan tegas dilakukan sejak bertahun-tahun yang lalu. Kami tidak merealisasikan saran-saran ketegasan hukum dari rekan seperti Nur adhi yang kuliah di hukum, maupun Teguh Mulia yang memiliki Ibu kandung seorang pengacara. Kami terlalu ‘percaya’ dengan percetakan ini.

Jalur hukum pasti akan kami tempuh setelah notes ini kami upload. Namun jalur hukum pun tidak bisa menjamin uang kita kembali. Karena proses yang agak lama dan dilihat dari keadaan financial percetakan yang memang bangkrut parah tanpa asset-asset yang berharga.

Penundaan dapat terjadi pada system apa saja,namun kami sadar penundaan katalog ini sudah amat keterlaluan dan kami sudah berkomitmen untuk menyelesaikan katalog akhir tahun ini pada minggu ke -3 Desember. Lewat dari tanggal itu pada tahun ini, katalog jadi pun PERCUMA TOTAL. Namun kami BUTUH bantuan REKAN –REKAN SEMUA.

2.Reuni alste 2006

Sudah menjadi tradisi alste setiap angkatan untuk mengadakan reuni pada tahun ke-empat sesudah kelulusan SMA. Hal ini dilakukan atas dasar pentingnya silaturahmi dan networking rekan-rekan semua. Tahun keempat merupakan milestone dalam perjalanan karir sebagian besar dari alumni sebuah almameter SMA. Saat dimana kita semua mulai mengambil keputusan dan move on. Saat itulah tahun dimana kita mulai lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan, melanjutkan kuliah S2, memutuskan mendirikan perusahaan sendiri, terlibat dalam politik, dan keputusan2 krusial lainnya dalam perjalanan karir seseorang. Jadi sebelum teman-teman sukses di jalur masing-masing menjadi direktur, manajer, CEO, pemilik asset, penerima beasiswa luar negeri S2+S3, professor, artis, model,pejabat DPR, konglomerat, staff ahli depkeu, panglima perang, kapolda,insyinur,kontraktor, dokter, desain arsitek, businessman,suami, istri dst.. Maka perlu reuni guna membangun kembali relasi keakraban yang pernah kita semua miliki pada jaman SMA. Tidak hanya mengenang masa indah SMA namun menggunakan semangat itu untuk bersama-sama membangun masa depan yang indah, melalui network yang strategis.

Kami telah memberi amanah kepada rekan kita AGUNG HADI SANTOSO (Ahad) untuk mengkoordinir reuni penting ini. Beliau memiliki pengalaman lauar biasa dalam event organizing. Selama ini Agung sudah berpengalaman mendesain dan menjalankan event untuk institusi swasta maupun pemerintah.

Kami membutuhkan saran teman-teman untuk tanggal yang paling sesuai. Ada dua alternatif,

hari sabtu tanggl 18 Desember 2010 atau Jumat tanggal 24 desember 2010. Tentu untuk mengakomodasi rekan-rekan yang sudah bekerja dan sebelum merayakan Hari Raya Natal dan tahun baru. Kami tidak yakin apakah libur bersama PNS sudah dimulai sejak 18 desember.

Acara akan dibuat meriah, insya allah mengulang kesuksesan prom nite yang dikomando oleh saudara Dandung 4 tahun lalu. Informasi terakhir dari Agung Hadi, bahwa iuran per alumni sebesar Rp100.000,00. Tentu jumlah yang tidak banyak sebagai modal membangun relasi dari sekarang. Desember masih 3 bulan lagi, jadi ada baiknya menabung dari sekarang. Meskipun jumlah tersebut tidak seberapa bagi rekan-rekan kita yang lulus kuliah super cepat dan sekarang menduduki posisi sebagai employee perusahaan.

Kembali ke isu katalog yang tiada berujung. Kami merasa momentum reuni alste 2006 ini adalah waktu yang paling akurat untuk membagikan katalog. Dengan kondisi keuangan kita yang terzalimi, sesuai penjelasan poin A, maka kami menawarkan dua solusi:

1) Menuntut percetakan dengan harapan uang kita kembali namun dengan konsekuensi tidak menghasilkan katalog. Kami mengerti bahwa idealnya mengembalikan total uang yang telah digunakan kemudian memberr tugas percetakan lain untuk membuat katalog. Namun scenario ‘ideal’ ini tidak memungkinkan mengingat kondisi financial percetakan dan mepetnya reuni desember.

2) Sebagai satu angkatan menanggung resiko kezaliman dari percetakan dengan iuran kembali dan melanjutkan proyek katalog dengan percetakan lain. Kebejatan percetakan CV.Open Mind merupakan sebuah force majeur di luar kendali panitia Namun knonsekuensinya harus ditanggung bersama sebagai sebuah kesatuan, tidak mampu jika secara parsial lewat panitia saja. Penanggung jawab alternative ini adalah saudara Dhimas Erryska, yang telah berhasil mengembalikan Pensaga ke sma 3 pada tahun 2005. Dibantu desainnya oleh saudara Ryan Darmawan. Mereka juga dulu memiliki andil dalam kesuksesan prom night. Jujur, 4 tahun lalu terdapat dikotomi, gap antara panitia katalog dan prom. Semestinya kami meminta pertolongan mereka sejak dulu, mungkin saja masalah katalog tidak akan seperti ini. Kurang lebih iurang tersebut akan berkisar antara 75rb-100rb. Kami berani mengambil langkah ini karena mendapat pinjaman modal 20 JUTA sebagai biaya operasional dan down payment utama untuk mencetak kurang lebih 300 eksemplar. Kenapa 300? Dengan prinsip minimasi resiko, kami tidak ini sembrono dan percaya bahwa 521 alste akan membantu katalog ini, bahkan mungkin ada yang tidak peduli. Tentu itu pola pikiir yang sah karena rekan-rekan sudah sangat dewasa dan memiliki skala prioritas masing-masing. Dalam forum grup fb ini saja sudah tercatat 232 orang.

Namun jika teman-teman rela menghidupkan proyek ini maka fitur tambahan yang didapat:

– Foto katalog SMA sekaligus foto rekan-rekan SAAT INI yang akan kami ambil dari facebook atau bisa dikirm via email kepada panitia

– Data diri paling uptodate, karena kami yakin nomer telp, alamat, (mungkin MUKA juga), telah berubah dalam 4 tahun terakhir. Jika networking menjadi tujuan utama, maka info paling uptodate menjadi paling relevan. Tema katalog berubah dari katalog perpisahan menjadi katalog reuni. Dengan konsep Before-After. Yang akan menjadi bahan canda tawa saat reuni bulan desember.

Sekian isi hati dan pikiran panitia,semoga alternative yang kami usulukan berdasar amanah melayani alste 2006, dapat didiskusikan di forum dan mencapai keputusan bersama. Apapun keputusan yang dicapai, kami percaya itu merupakan yang terbaik untuk angkatan kita.

Diskusi dapat dilanjutkan dengan memberi comment notes ini atau di forum alste 06 yang di admi oleh Doyok

http://www.facebook.com/group.php?gid=312674635156&v=wall&ref=ts#!/group.php?gid=312674635156

Sekian, terima kasih banyak telah menyempatkan waktu membaca post ini. Mohon tag rekan-rekan SMA 3 lainnya. Kalau perlu di copy paste kemudian bikin di notes fb masing2 biar semua alste 06 bisa ditag. Dengan ngetag dan re-post menunjukkan tindakan langsung teman2 dalam menjawab tantangan angkatan kita.

Salam

Buna Rizal-mewakili panitia

Link aslinya adalah
http://www.facebook.com/feeds/notes.php?id=622301126&viewer=712289167&key=527c9e00a4&format=rss20
Mau berkomentar, silahkan di
http://www.facebook.com/note.php?note_id=153673684654032
Join forum ALSTE 06 di Group Facebook

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mayda on Twitter

RSS Simply ask me..

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: